Begini Tips Sehat untuk Kamu yang Punya Segudang Aktivitas!

Bagi kamu yang sedang masuk di usia produktif, memang sangat bagus bila memanfaatkan waktu luangmu dengan melakukan hal-hal yang positif. Kuliah dari pagi hingga siang, dilanjutkan bekerja part time hingga malam, lalu setelah itu mengerjakan tugas. Ketika akhir pecan juga kerap kali kamu gunakan untuk melakukan aktivitas, misalnya kegiatan organisasi, menjadi volunteer dalam sebuah acara, mengerjakan hobimu, atau menghadiri sebuah seminar yang kamu sukai.

Tapi, terkadang semangatmu untuk melakukan itu semua terlalu menggebu sehingga lupa bahwa kesehatan adalah hal yang paling utama. Oleh karena itu, berikut tips agar kamu tetap sehat meski punya segudang aktivitas.

Jangan Lupakan Sarapan Sehat

Sebagian orang kadang menganggap sepele hal ini. Apalagi ketika terburu-buru, sarapan sering dilewatkan. Padahal, sarapan sangat penting untuk kesehatan karena dapat menambah asupan energimu di pagi hari. Pilihlah menu sarapan sehat yang mengandung karbohidrat, protein, dan mineral yang cukup agar nutrisi yang diperlukan tubuh dapat terpenuhi sehingga kamu bisa lebih berkonsentrasi dalam menjalani aktivitas.

Perbanyak Minum Air Putih

Ketika melakukan aktivitas, cairan tubuhmu tentu akan berkurang karena keluar melalui keringat atau buang air. Oleh karena itu, selalu penuhi kebutuhan cairanmu dengan perbanyak minum air putih. Jumlah yang dianjurkan dalam mengkonsumsi air putih adalah delapan gelas perhari. Selain dapat menghindari dehidrasi, hal ini juga baik agar kamu tidak cepat lelah dan dapat lebih berkonsentrasi karena oksigen akan mengalir dengan lancar ke seluruh anggota tubuh.

Sempatkan Berolahraga

Tidak sedikit orang yang akhirnya malas berolahraga karena aktivitas yang padat. Padahal, olahraga sangat penting agar staminamu tetap terjaga. Setidaknya, sempatkan 30 menit saja setiap hari untuk berolahraga. Tidak perlu yang berat-berat, olahraga ringan seperti jalan kaki atau bersepeda menuju kantor setiap hari dan lebih memilihi menggunakan tangga dibanding lift juga dapat menjadi alternatif olahragamu, loh!

Manfaatkan Waktu Istirahatmu dengan Baik

Jangan melulu berkutat pada aktivitasmu yang melelahkan itu. Tubuhmu juga perlu istirahat, jadi jangan dipaksakan. Jika datang waktu tidurmu, maka gunakanlah sebaik mungkin. Tidur yang cukup dapat mengoptimalkan kemampuan otak dan membuatmu lebih segar ketika bangun tidur. Selain itu, pengeluaran racun dalam tubuh terjadi ketika tidur malam pada jam tertentu sehingga akan membuatmu lebih sehat.

Rileks dalam Menjalani Aktivitas

Ketika melakukan aktivitas yang tak ada habisnya, tak jarang kamu akan merasa stress. Hal itu sangat wajar. Tapi, cobalah melakukan hal lain seperti mendengarkan musik saat beraktivitas yang akan membuatmu merasa rileks. Selain itu, nikmatilah setiap aktivitasmu dengan santai dan teruslah berpikir positif agar kamu terhidar dari stress.

5 respons untuk ‘Begini Tips Sehat untuk Kamu yang Punya Segudang Aktivitas!

Tinggalkan komentar