Inilah yang Harus Kamu Lakukan Ketika Jenuh Kuliah!

Bagi kamu yang sedang duduk di bangku kuliah semester 5-6, pasti merasakan godaan-godaan yang membuat jenuh kuliah. Pada semester ini, dosen memberikan tugas yang mulai tak manusiawi, memberikan deadline seenaknya, bertemu dosen yang hanya datang mengajar semaunya, materi-materi yang bisa membuat otakmu meledak perlahan, belum lagi tugas-tugas non akademik seperti organisasi atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Duh, pokoknya ribet banget, deh! Kalau sedang stress begini, rasanya tak ada gairah untuk kuliah, ingin cepat lulus. Apalagi ketika melihat teman-teman mulai pamer pertunangan –bahkan beberapa diantaranya pernikahan– mereka. Huh, benar-benar membuat iri. Jadi makin nggak mau kuliah, pengen nikah aja!

Eits, tapi, apakah kamu yakin bahwa kehidupan setelah kuliah nanti akan sangat mengasyikkan? Bukankah orang bilang bahwa ketika kamu lulus kuliah, itu artinya kehidupanmu yang sebenarnya baru saja dimulai. Ya, petualanganmu baru dimulai! Di sana, kamu akan menemukan hal yang lebih gila lagi. Jadi, mending nikmati saja masa-masa kuliahmu dan berbuatlah sesuatu yang bisa mengatasi jenuhmu.

Sadarlah bahwa kamu adalah orang beruntung

Bukalah matamu! Percayalah bahwa kamu adalah salah satu orang yang sangat beruntung. Tuhan telah berbaik hati memberimu kesempatan untuk belajar di Perguruan Tinggi. Ingatlah, bahwa tidak semua orang mempunyai kesempatan yang sama sepertimu. Hal yang kamu keluhkan saat ini, bisa jadi adalah hal yang paling diimpikan oleh sebagian banyak orang. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan yang Tuhan berikan, ya!

Mengubah pola pikir

Sebenarnya, kejenuhan dan stress yang kamu alami adalah hasil dari pola pikirmu yang memberikan sugesti negatif. Sebagian besar kamu mungkin akan sangat stress ketika bertemu dosen yang terlalu serius, taat aturan, dan selalu memberikan tugas. Tapi, justru dosen yang seperti inilah yang memberikanmu materi yang padat dan lebih terasa manfaatnya di kemudian hari. Ingat, dosen yang santai dan terlihat menyenangkan pun tidak selalu bisa menyampaikan materi dengan baik, bukan?

Belajar bersama teman-teman

Cobalah belajar dan berdiskusi santai bersama teman-temanmu. Ketika kalian bertukar pikiran, kamu akan menemukan banyak hal baru yang menarik dari sudut pandang masing-masing temanmu. Dengan demikian, cakrawalamu akan semakin terbuka lebar. Selain itu, canda dan tawa bersama teman di tengah belajar tentu akan membuat suasana belajar tidak tegang dan membosankan.

Mendengarkan musik

Mendengarkan musik ketika kamu merasa stress saat mengerjakan tugas juga akan sangat membantu. Musik klasik adalah musik yang paling baik untuk menemanimu belajar. Ia bisa membuat suasana menjadi lebih rileks dan kamu pun akan lebih fokus dalam mengerjakan tugas. Jika kamu tidak suka musik klasik, musik favoritmu juga tak jadi masalah.

Luangkan waktu untuk hobimu

Di tengah kesibukanmu mengerjakan tugas, luangkan waktu untuk melakukan hobimu. Jika tidak, kamu akan sulit menemukan waktu, bahkan parahnya, mungkin tak akan pernah. Jika hobimu travelling, atur waktumu sebaik mungkin agar kamu bisa jalan-jalan. Jika hobimu bermain basket, luangkanlah waktu soremu untuk bermain basket bersama teman-teman. Tentu saja hal ini akan sangat membuatmu lebih rileks. Lupakan sejenak tugas-tugasmu yang menumpuk itu. Meski sebentar, jangan sampai kamu terus berkutat dengan tugas sehingga melupakan waktumu untuk bersenang-senang, ya!

10 respons untuk ‘Inilah yang Harus Kamu Lakukan Ketika Jenuh Kuliah!

  1. Kidung Kinasih Cut Delpasya berkata:

    Tips yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa/i yang sudah merasakan akan kejenuhan dalam menjalani kuliah nya.. Semoga tetap semangat untuk semua mahasiswa/i indonesia 🙂

    Disukai oleh 1 orang

  2. Alief Azzurra berkata:

    Pas banget lagi jenuh2nya kuliah baca tips ginian rasanya jadi semangat lagi. Terima kasih tips nya dan sukses terus!

    Suka

Tinggalkan komentar